Manfaat Jeruk Nipis Untuk Ketiak

Tuesday, May 19, 2015

Jeruk Nipis itu ... 



Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang termasuk jenis citrus jeruk. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonnya berkayu ulet dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Tanaman jeruk nipis pada umur 2 1/2 tahun sudah mulai berbuah. Bunganya berukuran kecil-kecil berwama putih dan buahnya berbentuk bulat, memiliki diameter 3-6 cm, sebesar bola pingpong dengan kulit luar berwarna hijau atau kekuning-kuningan. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam serupa dengan rasa lemon. Tanaman jeruk ini umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung. Jeruk nipis banyak dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di belahan dunia yang lain. Buah yang sederhana ini dikenal dengan banyak nama, diantaranya: Lime (Inggris), Lima (Spanyol), Limah (Arab), Jeruk Nipis (Indonesia), Jeruk pecel (Jawa), Limau asam (Sunda). Jeruk nipis, sering dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto.

Kandungannya???


Satu buah jeruk nipis dengan ukuran sedang terkandung sekitar 30,7 mg vitamin C. Hal ini setara dengan 25% sampai 30% dari asupan harian yang dibutuhkan. Sebagai informasi, seorang pria perokok membutuhkan kira-kira 125 mg vitamin C per hari, sedangkan bagi wanita perokok membutuhkan sekitar 110 mg vitamin C per-harinya. Dan bagi pria dan wanita yang bukan perokok, asupan Vitamin C yang dibutuhkan sekitar 90 mg dan 75 mg per harinya.

Kandungan Vitamin Lainnya

Jeruk nipis mengandung sedikit vitamin B seperti vitamin B6, tiamin, niacin, dan asam pantotenat. Vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu sistem saraf pusat hingga mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Dalam satu buah jeruk nipis dengan ukuran sedang mengandung sekitar 13 IU vitamin A, 6 mcg folat dan 3 mg kolin. Vitamin A dan folat dapat berfungsi untuk membantu mengatasi peradangan, membantu pembentukan dan menjaga sel-sel baru serta menjaga kesehatan mata. Bagi wanita Hamil, sangat disarankan untuk menambah asupan folat selama masa kehamilan yang berguna untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

Kandungan Mineral

Dalam satu buah jeruk nipis ukuran sedang juga mengandung sekitar 80 mg kalium, 5 mg magnesium dab 15 mg kalsium. Tubuh kita memerlukan sekitar 1000 mg sampai 1200 mg kalsium tiap harinya, dan 1 buah jeruk nipis setidaknya sudah dapat memenuhi sekitar 1% dari kebutuhan tersebut. Apabila anda menjalani pola diet rendah sodium, maka sangat penting untuk mendapatkan asupan kalium yang cukup untuk menjaga tekanan darah agar tidak tinggi. Sedangkan magnesium dan mineral pada jeruk nipis berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengantarkan energi, menjaga fungsi otot dan pembentukan protein.

Lalu Ketiak itu...



Ketiak atau dalam bahasa Latin disebut axilla adalah daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dengan bahu. Ketiak dikenal sebagai salah satu bagian tubuh yang sensitif saat digelitik dan sebagai salah satu bagian tubuh yang agak tersembunyi. Rambut ketiak selalu tumbuh di ketiak, baik pada pria maupun wanita. Pertumbuhan rambut ini dimulai pada saat masa pubertas. Biasanya pada wanita, rambut tersebut dicukur dengan alasan estetika. Pria biasanya tetap membiarkan rambut tersebut tumbuh dan hanya dicukur bila sudah cukup lebat. Akan tetapi, kini banyak pria yang juga mencukur rambut ketiaknya untuk menjaga popularitasnya sebagai seorang model atau seorang atlet, dan lain sebagainya.

Dan uniknya, para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri. Dalam penampang kulit seluas satu inci persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri.

Lantas Hubungannya???

Berikut ini adalah gangguan yang kerap terjadi pada ketiak, terutama untuk orang yang lebih sering mengeluarkan keringat, atau lebih banyak melakukan aktivitas 
  1. Bau Badan 
  2. Ketiak Hitam 
  3. Keringat Berlebih

 

Bau Badan

 

Bau badan merupakan bau bakteri yang berkembang di bagian tubuh. Bakteri tersebutlah yang dapat menyebabkan bau badan pada tubuh, terutama pada bagian ketiak dan bagian tubuh lainnya yang mudah menimbulkan keringat. Dengan jumlah bakteri yang terus bertambah, sehingga menyebabkan keringat yang muncul menjadi bau yang tidak enak. Penyebab timbulnya bau badan, biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor makanan, perubahan hormon, stress, ketidakseimbangan diet, kelainan genetik dan sebagainya. 

Bau badan sering menjadi masalah klasik pada bagian ketiak. Bau badan timbul akibat hasil metabolisme sebum pada mikroorganisme di ketiak. 

Bau badan dapat dikurangi dengan produk deodoran atau antiperspiran. Bau badan juga dapat dihilangkan dengan ramuan herbal. Bau badan tetap dapat timbul meskipun keringat hanya bercampur 1% saja dengan bakteri. Oleh karena itu, bagi orang yang aktivitasnya cukup padat sebaiknya memakai deodoran atau antiperspiran sebelum beraktivitas. 

Bau badan juga dapat menjadi lebih menyengat bila sering memakan makanan dengan banyak bumbu. Selain itu makanan pedas dan berminyak juga dapat menambah bau badan.

Ketiak Hitam??

Ketiak hitam disebakan karena masuknya suatu zat atau suatu mikroorganisme ke dalam pori-pori
ketiak yang terbuka atau iritasi. Faktor penyebabnya adalah karena mencukur ketiak secara sembarangan, sering mencabut rambut ketiak, menggaruknya dengan kasar, akibat penyakit pada kulit ketiak, maupun penggunaan deodoran yang berlebihan atau terlalu lama.


Keringat Berlebih

Keringat berlebih atau dalam bahasa latin disebut axillary hyperhydrosis disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Faktor penyebab lainnya adalah kelainan anatomi, atau kondisi jiwa seseorang.




Lalu???

Dari semua gangguan yang telah disebutkan di atas, jeruk nipis memiliki kandungan-kandungan yang dapat mengurangi bahkan mungkin bisa mengatasi semua itu.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Bau Badan

Efek farmakologis dan hasil penelitian dari minyak atsiri, daun jeruk nipis mempunyai aktivitas hambatan terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus pada kadar 20%, 40% dan 80% (Ratih Dyah Pertiwi, Fak. Farmasi UGM 1992). Hal inilah yang menyebabkan jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi bau badan mengingat Staphylococcus aureus adalah bakteri yang normalnya memang ada pada permukaan kulit manusia. Keringat disertai dengan kuman ini mampu menimbulkan bau tak sedap dari badan kita. Dengan jeruk nipis, bau badan tersebut dapat dikurangi atau diatasi.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Kulit Ketiak

Selain itu,kandungan vitamin C dan flavonoid pada jeruk nipis mengandung antibiotik dan disinfektan yang dapat mengurangi bau badan tak sedap pada tubuh.Flavonoid dan vitamin C adalah antioksidan alami yang dimiliki jeruk nipis. Jika dikonsumsi atau dioleskan pada kulit, jeruk nipis dapat menyegarkan kulit, membuat kulit tampak lebih cerah, dan memberikan perlindungan dari infeksi. Saat dioleskan langsung ke kulit, keasaman jeruk nipis bisa mengangkat kulit mati, meregenerasi sel-sel kulit di ketiak, mengurangi ketombe, ruam, dan memar pada kulit. 

Jeruk nipis juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang mana mampu merawat ketiak dan mencegah adanya infeksi. Jeruk nipis ini merupakan pemutih alami yang lebih aman daripada pemutih-pemutih yang dijual.
 

Cara Penggunaan Jeruk Nipisnya???

Untuk pembuatannya, sangatlah mudah caranya, yaitu sebagai berikut : 
  1. Mempersiapkan semua alat dan bahan, seperti beberapa buah jeruk nipis (3-4 buah cukup), pisau, talenan, sendok, mangkok dll. 
  2. Memotong semua buah jeruk nipis tersebut di bagian samping dari bagian tengahnya, agar tidak mengenai bagian bijinya. 
  3. Membuang biji-biji buah jeruk nipis tersebut, lalu potong menjadi bagian yang lebih kecil lagi agar dapat diperas. 
  4. Memeras semua buah jeruk nipis yang telah dipotong tadi ke dalam sebuah wadah atau mangkok. 
  5. Bila menginginkan hasil yang lebih maksimal, air perasan jeruk nipis tersebut bisa kalian padukan dengan kapur sirih atau airnya. Kapur sirih juga mengandung zat yang hampir sama fungsinya kepada kulit ketiak dengan jeruk nipis. Untuk takaran kapur sirih, yaitu sebatas ujung sendok makan, sedangkan apabila menggunakan air kapur sirih, dibutuhkan 1 sendok makan air kapur sirih dalam pencampurannya. 
  6. Mengaduk bahan yang telah dicampurkan secara merata. 
Berikut adalah bahan dan alat yang diperlukan



















Kemudian untuk penggunaannya pun, juga sangatlah mudah caranya, yaitu sebagai berikut :
  1. Membersihkan ketiak dengan mencukur bulu-bulunya, tetapi cukur dengan hati-hati. Jangan sampai melukai kulit ketiak. Kemudian bersihkan dengan handuk. 
  2. Mengoleskan air perasaan jeruk nipis itu secara merata. Apabila terasa pedih, itu merupakan hal yang wajar karena kandungan jeruk nipis yang sudah bereaksi. Tetapi apabila rasa pedihnya terlalu lama, segera bilas dengan air dingin.
  3. Kemudian, diamkan selama beberapa menit agar air perasaan jeruk tersebut meresap ke pori-pori kulit ketiak. 
  4. Melakukan pijatan-pijatan/massage kulit ketiak dengan perlahan. Massage yang terlalu kasar dapat merusak jaringan yang ada di dalam kulit ketiak. 
  5. Kemudian membilasnya dengan air dingin.
  6. Lakukan rutin setiap hari setelah mandi selama 1-2 minggu. 
  7. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan kulit ketiak, tidak mencukurnya dengan sembarangan, tidak terlalu banyak dalam penggunaan deodorant dll. 
Demikianlah manfaat jeruk nipis untuk kulit ketiak. Kami juga menyediakan produk alami tersebut buatan kami sendiri. Alami tanpa campuran bahan apapun. Untuk informasi silahkan lihat brosur kami di bawah ini.



*Post di atas untuk memenuhi Tugas Prakarya Penggunaan Bahan Nabati untuk Produk Kosmetik oleh Bpk. Abi Nurdian kepada Hardianto Dwi Prayitno/13 Kelas XI-MIA-5 SMAN 1 Sidoarjo..
*Tidak melakukan pemesanan ^_^

0 comments:

Post a Comment